
Nofollow merupakan cara terbaik dalam memberi tahu mesin telusur untuk "Jangan mengikuti tautan di laman ini" atau "Jangan mengikuti tautan khusus berikut ini"
Pada awalnya, atribut nofollow muncul di tag meta tingkat laman yang memerintahkan mesin telusur agar tidak mengikuti (merayapi) tiap tautan yang keluar pada laman tersebut. Misalnya:
Secara umum, google tidak mengikuti tautan tersebut yang berarti Google tidak memindahkan PageRank atau teks tautan pada laman tersebut, akan tetapi menggunakan nofollow membuat Google membuang tautan target dari grafik web google database secara keseluruhan. Tapi, mungkin laman target masih muncul di indeks google jika situs lain ditautkan ke laman tersebut tanpa menggunakan nofollow, atau dengan mengirimkan URL ke Google menggunakan Peta Situs.
Berikut adalah beberapa kasus yang mungkin membuat Anda mempertimbangkan untuk menggunakan nofollow:
Jadi penting untuk memutuskan laman mana yang akan Anda pasang atribut nofollow pada situs Anda.
Jika Anda menghosting profil pengguna yang menautkan profil lain di web, sebaiknya tandai tautan tersebut dengan mikroformat rel="me" sehingga tautan dapat tersedia melalui API Grafik Sosial. Misalnya:
Contoh -
Untuk mencegah perayapan URL rel="me nofollow", Anda dapat menggunakan robots.txt. Aturan pengecualian robots.txt standar dipatuhi oleh Googlebot dan API Grafik Sosial.
Semoga Artikel ini sedikit dapat membantu Anda dalam penggunaan atribut nofollow, sehingga kekhawatiran Anda akan spam laman, spam komentar dan spam link dapat anda siasati dengan atribut ini.
Terimakasih. Salam SAHABAT BLOGGER 77
Pada awalnya, atribut nofollow muncul di tag meta tingkat laman yang memerintahkan mesin telusur agar tidak mengikuti (merayapi) tiap tautan yang keluar pada laman tersebut. Misalnya:
<meta name="robots" content="nofollow" />
Sebelum nofollow digunakan pada tautan tunggal, atribut nofollow dapat juga digunakan untuk mencegah robot agar tidak mengikuti tautan tunggal pada sebuah laman yang memerlukan upaya keras (misalnya- mengalihkan tautan ke URL yang diblokir dalam robots.txt), Itulah sebabnya mengapa nilai atribut nofollow dari atribut rel dibuat dalam meta laman. Jadi intinya penggunaan atribut nofollow sebenarnya hanya untuk memberitahu webmaster dalam mengontrol sebuah laman yang lebih terperinci, melainkan bukannya memberi tahu mesin telusur dan bot agar tidak mengikuti tautan apa pun pada laman tersebut, namun penggunaan atribut nofollow dapat memudahkan Anda dalam memerintahkan robot agar tidak merayapi tautan tertentu pada laman, Misalnya:<a href="signin.php" rel="nofollow">masuk</a>
Cara Google menangani tautan dengan Atribut rel="nofollow"
Secara umum, google tidak mengikuti tautan tersebut yang berarti Google tidak memindahkan PageRank atau teks tautan pada laman tersebut, akan tetapi menggunakan nofollow membuat Google membuang tautan target dari grafik web google database secara keseluruhan. Tapi, mungkin laman target masih muncul di indeks google jika situs lain ditautkan ke laman tersebut tanpa menggunakan nofollow, atau dengan mengirimkan URL ke Google menggunakan Peta Situs.
Kebijakan khusus Google tentang penggunaan nofollow
Berikut adalah beberapa kasus yang mungkin membuat Anda mempertimbangkan untuk menggunakan nofollow:
1. Konten yang tidak dapat dipercaya
Jika Anda tidak yakin atau tidak ingin menjamin konten laman yang Anda tautkan dari situs, misalnya komentar pengguna atau entri buku tamu yang tidak dapat dipercaya — Anda dapat menerapkan nofollow pada tautan tersebut. Hal ini dapat menghindari pelaku spam sehingga tidak menargetkan situs Anda serta dapat membantu menjaga situs Anda agar tidak masuk ke lingkungan yang buruk di web database google. Karena unsur spam banyak bersumber dari komentar pengguna, jadi agar situs Anda terbebas dari pelaku spam komentar, gunakan atribut nofollow pada konten komentar situs Anda.2. Tautan berbayar
Nilai sebagian peringkat situs di hasil penelusuran Google yaitu berdasarkan analisis terhadap situs lain yang menautkan ke situs tersebut (seperti membeli LINK), Untuk mencegah tautan berbayar yang mempengaruhi hasil penelusuran dan berpengaruh negatif pada pengguna, google sangat menyarankan agar menggunakan nofollow pada tautan seperti itu. Pedoman mesin telusur mewajibkan pengungkapan tautan berbayar yang terbaca mesin dengan cara yang sama seperti saat pelanggan online dan offline (misalnya - iklan, atau suatu halaman penuh agar diberi judul dengan kata "Iklan"). Google akan sangat tegas dalam menanggapi hal semacam ini jika terdapat pada situs, jadi gunakan selalu atribut rel='nofollow' pada iklan Anda jika tidak ingin "Penalti" dari Google3. Prioritas perayapan
Robot mesin telusur tidak dapat masuk atau mendaftar sebagai anggota forum Anda, sehingga tidak ada alasan untuk mengundang Googlebot agar mengikuti tautan "daftar di sini" atau "masuk". Dengan menggunakan nofollow pada tautan ini memungkinkan Googlebot akan merayapi laman lain yang ingin Anda lihat di indeks Google. Namun, arsitektur informasi yang solid — navigasi intuitif, URL yang ramah untuk pengguna dan mesin telusur, dan sebagainya— tampaknya akan jauh lebih produktif dalam penggunaan sumber daya dibandingkan dengan fokus pada prioritas perayapan melalui tautan yang tidak diikuti.Jadi penting untuk memutuskan laman mana yang akan Anda pasang atribut nofollow pada situs Anda.
Keterkaitan nofollow dengan API Grafik Sosial (rel="nofollow me")
Jika Anda menghosting profil pengguna yang menautkan profil lain di web, sebaiknya tandai tautan tersebut dengan mikroformat rel="me" sehingga tautan dapat tersedia melalui API Grafik Sosial. Misalnya:
<a href="http://URL-Anda.blogspot.com" rel="me">Blog saya</a>
Ini sama saja dengan internal link pada sebuah laman. Namun, karena tautan tersebut adalah buatan pengguna yang kadang-kadang dapat mengarah ke laman yang tidak dapat dipercaya (jika link di-klik tidak sesuai mengarah pada laman yang ditampilkan), sebaiknya tautan seperti ini ditandai dengan nofollow.Contoh -
<a href="http://URL-Anda.blogspot.com" rel="me nofollow">Blog saya</a>
Untuk tujuan penelusuran dengan rel="me nofollow", Google akan terus menangani dan melihat pada atribut rel="nofollow". Namun, untuk API Grafik Sosial, google akan menghitung tautan rel="me" meskipun saat dilengkapi dengan nofollow. Meskipun Anda dapat memverifikasi kepemilikan tautan menggunakan teknologi identitas seperti OpenID atau OAuth, Anda dapat memilih untuk menghapus tautan nofollow .Untuk mencegah perayapan URL rel="me nofollow", Anda dapat menggunakan robots.txt. Aturan pengecualian robots.txt standar dipatuhi oleh Googlebot dan API Grafik Sosial.
Semoga Artikel ini sedikit dapat membantu Anda dalam penggunaan atribut nofollow, sehingga kekhawatiran Anda akan spam laman, spam komentar dan spam link dapat anda siasati dengan atribut ini.
Terimakasih. Salam SAHABAT BLOGGER 77